Kepala Sekolah Qur’anic & International Insight: Penghargaan Itu Penting, namun Lebih Penting Lagi Apa yang Dihargai

0
13
Foto diambil dari dokumen Facebook Munahar
Foto diambil dari dokumen Facebook Munahar

Hari Sabtu, 21 Mei 2022 pada even Silaturahim Syawal 1443 H yang dihadiri oleh -+ 2 ribuan pimpinan, guru, anggota, dan simpatisan Muhammadiyah serta Aisyiyah se Kota Surabaya di Graha ITS, PDM Kota Surabaya memberikan penghargaan kepada SD Muhammadiyah 6 Gadung Surabaya sebagai Pemrakarsa Sekolah Qur’anic & International Insight.

Kepala Sekolah, Munahar mengungkapkan bahwa sekolah ini memang didesain untuk menjadi role model dalam membumikan Al-Qur’an. Karena Al-Qur’an merupakan induk dari segala ilmu.

“Pada Al-Qur’an ada kesalehan, kemuliaan, kecerdasan, dan pengetahuan yang luas tak terbatas. Sehingga siswa tidak hanya cerdas dan memiliki wawasan luas, namun juga memiliki akhlaq yang didasarkan Al-Qur’an.” Ungkapnya.

“Ada dua hal yang menjadi fokus pembelajaran kami. Pertama adalah masalah Al-Qur’an. Bagaimana anak mampu membaca, menghafal, menterjemahkan, mengambil makna, dan mengamalkan kandungan Al-Qur’an, serta menjadikan Al-Qur’an sebagai rujukan dalam segala hal termasuk ilmu pengetahuan.” Imbuh mantan Kepala SD Muhammadiyah 24 Ketintang ini.

“Proses pembelajaran juga kami desain secara khusus. Misal, dalam membuat modul atau rencana pembelajaran, maka guru harus mencantumkan dasar ayat Al-Qur’an dari materi yang akan dibahas. Dan ini juga harus dilakukan oleh siswa disaat mengerjakan tugas, misalnya, siswa harus mengambil sumber rujukan dari Al-Qur’an apa yang telah dirancangnya sebagai tugas tersebut.” Jelas penggagas Sekolah Qori’ LPTPQ Muhammadiyah Kota Surabaya.

SD Muhammadiyah 6 Gadung juga memiliki aplikasi berbasis android untuk mengontrol ibadah siswa yang diberi nama Gen-Q Smart.

“Jadi, saat pandemi Covid-19, dimana siswa belajar di rumah sementara mengontrol sholat siswa kesulitan, maka sekolah kami telah memiliki cara untuk memantau dan mengotrol sholat siswa terutama selama di rumah yakni dengan aplikasi cerdas ini. Setahu saya aplikasi semacam ini belum ada di Indonesia. Kami akan terus mengembangkan aplikasi ini sebagai upaya menyesuaikan dengan perkembangan zaman yakni era digital”, terang pria asal Bojonegoro ini.

“Kemudian yang kedua”, lanjutnya. “International Insight atau berwawasan Internasional adalah program yang diwujudkan menjadi kelas Internasional, bekerjasama dengan kurikulum Cambridge. Alhamdulillah saat ini kita telah memiliki 2 kelas.” Terang alumni FAI UM Surabaya.

Ia berharap siswa SD Muhammadiyah 6 tidak hanya cerdas yang dibuktikan dengan prestasi-prestasi akademiknya, namun mereka juga memiliki perilaku, ucapan, hati dan pikiran yang baik.

“Dengan kecerdasan, berwawasan luas yang dijiwai dengan karakter qur’an, InyaAllah mereka semuanya akan sukses dunia-akhirat.” Imbunya.

Munahar juga menyampaikan banyak terima kasih kepada PDM Kota Surabaya, Majelis Dikdasmen PDM Kota Surabaya, PCM Wonokromo, Majelis Dikadasmen PCM Wonokromo, segenap guru/ karyawan, orangtua/ wali murid, siswa, dan siapapun yang turut terlibat, baik langsung maupun tidak langsung sehingga SD Muhammadiyah 6 Gadung mendapatkan penghargaan sebagai sekolah pemrakarsa. “Penghargaan ini kami maknai sebagai penyemangat untuk mewujudkan pendidikan yang terbaik di Indonesia. Bismillah.” Tutup Kepala Sekolah yang pernah menjabat sebagai Ketua K3S SD/MI Muhammadiyah Kota Surabaya.

Bisa dibaca : http://klikmu.co/kepala-sekolah-quranic-international-insight-penghargaan-itu-penting-namun-lebih-penting-lagi-apa-yang-dihargai/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here